Sabtu, 30 April 2011

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan bangunan suci agama Buddha. Candi Borobudur terletak Di sebelah selatan Kota Magelang di Jawa Tengah. Kota Magelang sendiri terlatak di sebalah selatan kota Semarang, Ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur sendiri terletak tepat di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur,Kabupaten Magelang,Jawa Tengah.
Candi ini dibangun di atas bukit.Candi Borobudur dikelilingi oleh Bukit Menoreh yang membentang dari arah Timur ke Barat.Di sebelah timur berdiri kokoh Gunung Merapi dan Gunung Sumbing dan Sindoro.
Candi Borobudur mulai dibangun pada tahun 824 masehi atau tahun 746 saka. Waktu itu dinasti Sailendra sedang memerintah di Jawa. Raja-raja Sailendra menganut agama Buddha Mahayana. Pembangunan candi ini membutuhkan waktu sekitar 50 tahun.
Tinggi Candi Borobudur 42 meter. Candi ini dipenuhi dengan relief yang indah. Relief adalah gambar yang diukir pada permukaan dinding. Jika dibentankan, relief-relief itu panjangnya mencapai 4km. Di candi ini juga terdapat banyak sekali patung atau arca. Jumlahnya mencapai 500 buah.


Sumber : Ilmu Pengetahuan Sosial 4, untuk SD/MI Kelas 4, Tantya Hisnu.P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar